Primagama Pucang Gading : Jl.Pucang Gading Raya No 73 Mranggen Demak Telp(024)70660138

GAYA BELAJAR ANAK KITA



Kepada

Yth.Bapak/Ibu Orangtua/Wali

Adik Angelia Veronica

Di tempat



Salam bahagia,

Teriring salam dan do’a semoga limpahan rahmat dan hidayah Tuhan YME senantiasa tercurahkan kepada kita semua. Amin.



Bapak/Ibu,sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu kepada kami untuk membimbing putra/putri Bapak/Ibu agar menjadi generasi yang terdepan dalam prestasi.

Bersama surat ini kami sampaikan bahwa bimbingan telah kami mulai dengan diawali Tes Modalitas Belajar dan Tes optimalitas Otak.tes ini bertujuan untuk membantu siswa menerapkan metode belajar yang sesuai sehingga bisa mencapai prestasi yang maksimal.Adapun hasilnya sebagai berikut:



A.Tes Modalitas Belajar



Kemampuan Kinestetik Auditori Visual

Skor 23 31 31



Berdasarkan hasil diatas,maka yang menonjol adalah kemampuan Auditori dan visual. Putra Putri Bapak/Ibu adalah pelajar dengan tipe Auditori hal ini berarti cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu dan menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi.Untuk mempermudah memahami sesuatu (pelajaran atau hal yang lain) cobalah:

1. membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi atau seperti scenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap.

2. Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dengan kaset, diselingi plesetan atau hal lain, dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalan kita ke sekolah.

3. Saat membacakan dengan lantang, perhatikan intonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba sambil memejamkan mata untuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara langsung kita telah mengaktifkan pula daya visuall kita dalam belajar

Berdasarkan hasil diatas,yang juga menonjol adalah kemampuan Visual.itu artinya putra/putri Bapak/Ibu adalah tipe pelajar Visual.Tipe ini cenderung belajar dengan cara melihat sesuatu,menyukai melihat gambar atau diagram,menonton pertunjukan,demonstrasi suatu kegiatan,atau menyaksikan video.Untuk mempercepat memahami sesuatu,cobalah:



1. mengubah pelajaran yang dicatat ke dalam bentuk poster yang mudah dilihat,dengan gambar- gambar yang menarik,grafik dan warnai seindah mungkin

2. membuat peta konsep pelajaran dengan mulai tema besar di tengah halaman,menggunakan kata-kata penting menggunakan symbol,warna,kata,gambar yang mencolok dan dilakukan dengan gayanya sendiri.

3. dalam mencatat pelajaran gunakan tanda-tanda,gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika dipelajari di lain waktu.

4. untuk membantu mengingat apa yang baru saja di baca dan di dengar,sebaiknya duduk dengan santai,dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar,agar lebih paham lagi.



B.Tes Optimalitas Otak



Optimalitas Otak Kanan Otak Kiri

Skor 21 15



Dari data di atas Kemampuan otak kanan lebih menonjol.Otak kanan memproses informasi non verbal dan hal-hal konkret seperti gambar dan warna. Karakteristiknya : global,acak,konkret,intuitif,nonverbal,berdasarkan dunia fantasi.pelajar dengan tipe ini lebih mudah menangkap hal-hal yang disampaikan lewat visual serta sensitive terhadap warna-warna. Dengan dominasi otak kanan,siswa perlu menangkap dahulu gambaran konsep umum suatu pelajaran untuk dapat memahami bagian demi bagiannya.



Dalam mengerjakan suatu permasalahan,seringkali dapat mendapatkan jawabannya tanpa dapat menjelaskan dengan pasti bagaimana cara mendapatkannya.Untuk memudahkan belajar,dapat dengan mengkhayalkan diri menjadi hal-hal yang sedang dipelajari.

Putra/putri Bapak/Ibu biasanya kurang dapat mengikuti kegiatan dikelas yang monoton,akan gelisah di tempat duduknya,karena proses berpikirnya didominasi fantasi.Pelajar tipe ini seringkali di nilai sulit mengikuti aturan karena merasa tidak ada yang salah dengan apa yang dikerjakan.Umumnya cukup kreatif dan cocok untuk berkegiatan dalam bidang seni dan kegiatan artistic lainnya.



Tetapi Bapak/ibu tidak usah kuatir belahan otak manapun yang digunakan secara dominan,itu tidak menjadikan lebih unggul dari yang lain.karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan sendiri. Yang perlu dilakukan adalah mencoba memperbaiki kekurangan dan mengasah kelebihan agar bisa lebih maju. Beberapa hal berikut dapat dicoba untuk mengaktifkan otak kiri:

1. Mencoba menguasai salah satu progam computer akan lebih baik daripada sekedar bisa mengetik

2. Setelah menonton film favorit,cobalah menulis satu tulisan tentang pendapat siswa atas film itu secara kritis.

3. susunlah buku koleksi berdasarkan urutan jenisnya

4. tepat waktu sepanjang hari

5. bacalah setiap petunjuk penggunaan sebelum memakai sesuatu atau merangkainya

6. Jika menghadapi masalah,perhatikan aspek yang ada dan prosesnya satu demi satu

7. cobalah untuk mencatat semua pengeluaran pribadi setiap hari

8. temukan berbagai cara lainnya ntuk membentuk sedikit keteraturan dalam diri siswa itu sendiri

9. beranikan untuk mulai melakukan point 1-8

Demikian surat pemberitahun ini kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi putra/putri Bapak/ Ibu dalam merauh prestasi yang lebih tinggi.



Salam Hormat,



Riyanto Kurniawan,S.Si

Konselor Siswa

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah halaman yang baik dan artikel yang bagus . saya senang bisa menemukan halaman ini karena artikelnya menarik untuk saya baca . Terimakasih untuk informasinya dan ditunggu postingan berikutnya...salam

Posting Komentar

 
UNTUK MENAMPILKAN SOAL / HASIL KLIK SAJA Menu Dibawah ini kemudian klik Fullscreen

Primagama GPC Copyright © 2009 LKart Theme is Designed by Iwan Kurniawan,S.Si